Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sholat Sunnah Sebelum Sholat Jumat - Ustadz Firanda Andirja

Penjelasan Ustadz Firanda Andirja tentang sholat sunnah sebelum sholat Jumat
Apakah ada sholat qobliyah Jumat? Jawabannya tidak ada. Kenapa? Karena di zaman Nabi Muhammad adzan Jumat cuma sekali. Adzan kemudian Rasulullah berkhutbah sebagaimana yang dipraktikkan oleh sebagian masjid. Sementara waktu sholat qobliyah tidaklah dikerjakan kecuali sudah masuk waktu, perhatikan ini ya. Rasulullah tidak memerintahkan sholat qobliyah fajr kecuali sudah dikumandangkan adzan subuh.
Demikian juga tidak dikerjakan sholat qobliyah dzuhur kecuali setelah dikumandangkan adzan dzuhur. Sudah masuk waktu baru disebut dengan adzan qobliyah. Sholat qobliyah Jumat tidak terbayangkan di zaman Nabi. Kenapa? Karena di zaman Nabi adzan cuma sekali. Begitu diadzankan Rasulullah langsung naik mimbar, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh langsung ceramah.

Langsung khutbah, kalau begitu kapan ada waktu buat sholat dua rakaat sebelum Jumat? Tidak ada. Kemudian adzan dua kali yang dilakukan di zaman Utsman, itu jaraknya panjang. Antara adzan pertama dan kedua jaraknya panjang dan ini yang dipraktikkan sampai sekarang di Arab Saudi.

Jarak antara adzan pertama dan adzan kedua minimal setengah jam, kalau tidak satu jam. Kecuali masjid Nabawi dan masjid Haram, jarak antara adzan pertama dan kedua cuma lima atau sepuluh menit. Kata ulama karena masjid Nabawi dan masjid Haram berkaitan dengan penjual atau pedagang yang ada di masjid Nabawi dan masjid Haram.

Begitu adzan pertama mereka langsung tutup semua. Kalau jaraknya setengah jam, kasihan masih mau berdagang mereka. Oleh karenanya kapan mereka tutup toko mereka tatkala adzan pertama. Sehingga dibuat jarak antara adzan pertama dan adzan kedua dekat.

Adapun masjid-masjid seluruh masjid selain masjid Nabawi dan masjid Haram, seperti masjid kampus dan masjid dimana-mana, jaraknya setengah jam sampai satu jam. Dan adzan pertama bukan masuknya waktu untuk sholat qobliyah karena sholat qobliyah tidaklah dikerjakan kecuali setelah masuk waktu sholat.

Oleh karenanya tidak ada namanya sholat qobliyah Jumat. Yang ada dalam istilah fuqaha’ adalah sholat intizhar imam. Barang siapa yang datang ke masjid hari Jumat  disunnahkan dia sholat, sholat, dan sholat sampai imam datang. Silahkan sholat, silahkan sholat, kalau adzan pertama imam belum datang, maka sholat terus. Sampai imamnya datang naik mimbar, maka berhenti tidak boleh sholat lagi untuk mendengarkan khutbah dari imam.

Tulisan mungkin mengalami sedikit pengeditan.

Posting Komentar untuk "Sholat Sunnah Sebelum Sholat Jumat - Ustadz Firanda Andirja"