Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pacaran Beda Agama Menurut Islam - Ustadz Khalid Basalamah

Saudara saya berpacaran dengan Nasrani, mohon nasehatnya Ustadz.
Ustadz Khalid Basalamah tentang pacaran beda agama menurut Islam
Pacaran saja sama muslim tidak boleh apalagi sama Nasrani, bagaimana ini? Mohon nasehat saya, saya suruh berhenti. Nasehatin, luruskan, karena tidak boleh. Semoga Allah berikan hidayah karena sama muslim saja tidak boleh apalagi sama Nasrani, ini lebih parah.

Seburuk-buruknya muslim ikhwah dan akhwat sekalian, tetap kalaupun menikah dengan dia, Insya Allah ini tidak akan terjadi. Misal cerai ketika sudah punya anak, maka tidak akan murtad. Tapi kalau menikah dengan non muslim ini butuh ekstra ya.

Bukan tidak boleh, kalau misalnya seorang mualaf misalnya dia masuk Islam, itu boleh-boleh saja menikahnya, bukan pacarannya. Pacarannya jelas tidak boleh. Pacaran hanya boleh setelah menikah, kalau sebelum menikah jelas tidak boleh, mutlak haram hukumnya.

Maka dia resikonya sangat besar, makanya harus dijauhi penyebab-penyebab jatuh cinta dengan sebab-sebab yang tidak masuk di akal. Jatuh cinta yang Allah bolehkan. Karena sudah nikah kemudian jatuh cinta dengan pasangan. Itu yang boleh dihidupkan.

Jangan lakukan sebelum menikah, karena interaksi yang rutin, itu akan memunculkan cinta nantinya. Sering dengar suara, sering tegur-teguran, sering ketemu, nanti akan memunculkan cinta memang. Dalam Islam boleh tapi setelah nikah bukan sebelum nikah.

Maka ini dua poin yang berbahaya. Pacaran tidak boleh apalagi dengan orang Nasrani. Menikah dengan orang Nasrani mutlak tidak boleh. Maksudnya laki-lakinya Nasrani dan perempuannya muslim, ini yang tidak boleh. Tapi kalau terbalik, laki-lakinya muslim, perempuannya Nasrani, masih boleh.

Tapi wanitanya harus betul-betul wanita ahli kitab yang paham tentang kitab injilnya. Tapi itupun ada resiko-resiko yang semestinya memang didahulukan yang sesuai firman Allah,

Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman.

Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke Neraka, sedang Allah mengajak ke Surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran” [Al-Baqarah : 221]

Ya mereka itu bikin sulit nanti, akan ada PR-PR dalam rumah tangga.

Dari penjelasan Ustadz, maka pacaran beda agama dilarang di dalam Islam karena hukum pacaran adalah haram, kemudian ditambah berpacaran dengan orang beda agama maka ini menjadi lebih buruk. Tulisan ini juga telah mengalami beberapa pengeditan.

Tulisan mungkin mengalami sedikit pengeditan.

Posting Komentar untuk "Pacaran Beda Agama Menurut Islam - Ustadz Khalid Basalamah"