Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Wudhu Di Kamar Mandi - Ustadz Khalid Basalamah

Pak Ustadz bagaimana hukumnya berwudhu di kamar mandi yang ada WC’nya. Saya sudah beritahu keluarga saya jika berwudhu jangan di kamar mandi tapi tetap saja berwudhu di kamar mandi karena dekat dan malas karena agak jauh sedikit dari kamar mandi.
Jawaban Ustadz Khalid Basalamah
Tidak ada masalah sudah pernah saya jelaskan, yang tidak boleh dzikrullah di atas klosetnya, tempat buang air besar. Kalau wastafel di sebelahnya, shower, kita lagi mandi tidak ada masalah, boleh. Dan saya sudah pernah jelaskan kan, sampai ulama fikih membahas sahkah orang sholat di kamar mandi.

Kalau ini tidak ada yang sholat (di kamar mandi) ya.Tapi kalau ada orang sholat (di kamar mandi), ulama fikih mendatangkan sebuah hukum di tempat kamar mandi, bukan di klosetnya, bukan di WC’nya maka sah sholatnya. Tapi dimakruhkan buat dia karena di tempat kamar mandi masih boleh menyebut nama Allah.

Kalau di WC yang tidak boleh. Kalau digabung pun berarti klosetnya yang tidak boleh. Saya pernah kebetulan kedatangan Syekh dari Madinah, beliau salah satu pengajar di Masjid Nabawi, guru saya Dr. Shalih Suhaimi, semoga Allah menjaga beliau. Beliau matanya buta dan menikah dengan orang Indonesia kebetulan.

Waktu dia baru menikah dengan istrinya mungkin ini ceritanya di atas 10 tahun yang lalu ya. Karena dia menikah dengan salah satu murid pengajian saya di Makassar waktu itu. Maka baru menikah istrinya datang dari Makassar ke Jakarta kemudian beliau jemput ingin berangkat ke Saudi sama-sama dan sekarang Masya Allah tinggal di Saudi.

Maka pada saat itu awal mereka ketemu setelah akad nikah dan kumpul lalu saya temani di hotel di Jakarta. Lalu begitu saya ketuk pintunya Syekh’nya langsung sempat memanggil, Khalid ada butuh sesuatu. Saya datang. Istrinya dari belakang tembok menanyakan,Ustadz tolong tanyakan kepada Syekh. Waktu itu beliau (istrinya) belum bisa bahasa Arab.

Coba tanyakan ke Syekh, saya dengar Syekh ini setiap kali masuk kamar mandi di wastafel, dia kalau wudhu baca bismillah, apa boleh baca nama Allah di kamar mandi? Pertanyaannya seperti ini. Maka saya tanyakan kepada Syekh dalam bahasa Arab dan beliau mengatakan, fatwa ulama umumnya boleh selama bukan di klosetnya.

Bahkan sementara orang lagi mandi shower boleh menjawab salam karena kamar mandi tidak ada larangan tapi WC yang ada larangan. Allahu a’lam.

Tulisan mungkin mengalami sedikit pengeditan.

Posting Komentar untuk "Hukum Wudhu Di Kamar Mandi - Ustadz Khalid Basalamah"