Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkah Wanita Haid Berwudhu - Ustadz Khalid Basalamah

Apakah wanita haid tetap bisa wudhu sebelum tidur dan selalu jaga wudhu?
Ustadz Khalid Basalamah tentang bolehkah wanita haid berwudhu
Wanita haid dan nifas yang mereka tinggalkan hanya yang dilarang saja. Apa yang dilarang? Sholat, puasa, dua ini induknya. Selebihnya menyentuh fisik Al-Quran kalau punya Al-Quran, berhubungan biologis dengan pasangan di kemaluan, ini lebihnya. Tapi intinya yang umum puasa sama sholat.

Selain itu seperti wudhu sebelum tidur, baca dzikir pagi sore, jenguk orang sakit, datang dalam majelis ilmu, semua boleh. Yang dilarang saja yang ditinggalkan. Termasuk fatwa ulama, boleh wanita haid masuk masjid. Itu fatwa terakhir boleh, asal dia tidak mengotorinya. Kan sekarang sudah tidak seperti dulu ya, sudah ada pembalut.

Dan juga kalau lagi sholat dia tidak boleh memutus shaf. Jadi misal kalau lagi waktu sholat harus minggir ke belakang. Ini juga banyak terjadi waktu sholat ied. Sholat ied itu, saya sarankan disini kalau ada yang jadi panitia, usahakan untuk wanita haid dan nifas dikasih sendiri di belakang biar mereka tidak memutus shaf.

Karena seringkali kalau sholat ied itu bolong-bolong. Penyampaian sebagian ummahat mengatakan itu sampai bolong-bolong ustadz shaf’nya di belakang. Kami laki-laki di depan memang tidak lihat ya, tapi ini penyampaian seorang ummahat yang mengatakan kepada saya maka saya bilang itu tidak boleh.

Panitia semestinya membuat, misal dikasih ada tanda warna kuning, ditulis itu. Atau ada panitia yang menyambut orang yang mau datang, tolong ibu-ibu yang lagi haid atau berhalangan di belakang sekali, di tali warna kuning misalnya atau di lokasi yang dikasih tanda ini, mereka berkumpul disitu supaya tidak memutus shaf.

Memang dia ngomong, dia sampaikan. Panitia juga ingatkan, kan biasanya menyampaikan tata cara sholat. Laporan idul kurban misalnya, makanya dibahasakan, tolong ibu-ibu yang berhalangan di belakang, tolong kerja samanya agar shaf sholat tidak terputus. Maka itu diingatkan kalau tidak putus shaf sholat Insya Allah tidak masalah.

Tulisan mungkin mengalami sedikit pengeditan.

Posting Komentar untuk "Bolehkah Wanita Haid Berwudhu - Ustadz Khalid Basalamah"