Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amalan 10 Awal Bulan Dzulhijjah - Ustadz Badrusalam

Sebentar lagi kita akan menghadapi bulan Dzulhijjah. Dimana di bulan Dzulhijjah ada waktu yang sangat utama sekali yaitu dari tanggal satu sampai tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Sebagaimana Imam Muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, tidak ada satu pun hari-hari yang amalan sholeh lebih dicintai oleh Allah dari hari-hari ini. Apa itu? Yaitu 10 awal bulan Dzulhijjah.
Kata sahabat, walaupun jihad fi sabilillah wahai Rasulullah? Kata Rasulullah, walaupun jihad fi sabilillah, kecuali orang yang pergi membawa hartanya kemudian dia pulang tidak membawa apa-apa juga. Hadits ini menunjukkan betapa mulianya 10 awal bulan Dzulhijjah. Maka kesempatan ini adalah kita gunakan dengan sungguh-sungguh. Untuk apa? Untuk beramal sholeh. Lalu apa amalan sholeh yang bisa kita lakukan di bulan ini?

1. Dzikir
Yang pertama memperbanyak dzikrullah karena ia adalah merupakan hari-hari yang diperintahkan kita untuk berdzikir kepada Allah.

2. Puasa
Yang kedua kita banyak berpuasa. Jadi ikhtilaf para ulama apakah berpuasa di 10 awal bulan dzulhijjah itu disunnahkan atau hanya tanggal sembilannya saja. Sebagian ulama mengatakan tanggal sembilannya saja berdasarkan hadits Aisyah bahwa aku tidak pernah melihat Rasulullah berpuasa 10 bulan Dzulhijjah sekalipun juga.

Sementara hadits Ummu Salamah mengatakan aku pernah melihat Rasulullah berpuasa 10 bulan Dzulhijjah. Dan Ummu Salamah disini menetapkan sedangkan Aisyah meniadakan. Dan kaidah mengatakan yang menetapkan lebih didahulukan daripada yang meniadakan.

Dan inilah yang lebih kuat maka kita memperbanyak berpuasa dari tanggal satu sampai sembilan bulan Dzulhijjah. Pada tanggal sembilan Dzulhijjah, ini keutamaan besar yaitu puasa hari Arafah. Kata Rasulullah puasa hari Arafah yaitu menggugurkan dosa di tahun yang telah lalu dan tahun yang akan datang.

3. Berkurban
Kemudian amalan yang ketiga yaitu kita berkurban. Dimana Rasulullah mengajurkan kita untuk berkurban dan pahalanya besar di sisi Allah. Diantaranya adalah hadits, Allah Ta’ala berfirman Sholatlah untuk Rabbmu dan sembelihlah. Dimana ibadah berkurban adalah merupakan ibadah yang agung di sisi Allah.

Dimana ibadah menyembelih adalah ibadah yang agung. Allah berfirman, katakan sesungguhnya sholatku, sembelihanku, hidupku, dan matiku untuk Allah.

4. Shodaqoh
Diantara amalan selanjutnya adalah shodaqoh. Kita memperbanyak shodaqoh di bulan tersebut atau di  hari-hari tersebut karena sudah pernah kita ketahui bahwasanya beramal sholeh di hari-hari yang sangat mulia, itu pahalanya luar biasa. Dilipatgandakan oleh Allah. Apa kita memperbanyak shodaqoh? Bayangkan ibadah yang sedikit jangan kita anggap remeh.

Kata Rasulullah, apabila seorang bershodaqoh dengan sebutir kurma dari usaha yang halal, Allah akan terima dengan tangan kananya, lalu Allah mengembangbiakannya sebagaimana seseorang dari kalian mengembangbiakan kudanya sehingga kemudian infak yang sebesar itu menjadi gunung kata Rasulullah. Maka di hari-hari yang seperti ini sangat dianjurkan sekali.

5. Sholat sunnah
Demikian juga akhi kita memperbanyak sholat berupa sholat-sholat sunnah karena ia adalah hari yang sangat mulia. Dan Rasulullah mengatakan, sebaik-baiknya amala dadalah sholat. Baik itu sholat wajib kita jaga, demikian juga sholat tahajudnya, sholat dhuha’nya, sholat sunnah rawatibnya. Terlebih juga sholat yang disebut juga sholat idhul adha maka sholat idhul adha juga amalan yang besar.

Bahkan pendapat pendapat yang paling kuat bahwa sholat ied itu adalah hukumnya fardhu ain. Karena Rasulullah mengatakan individu-individu kaum muslimin untuk melakukannya. Allah berfirman, maka sholatlah untuk Rabbmu dan sembelihlah.

Setiap kita berlomba-lomba untuk mendapatkan keutamaan yang agung ini, 10 awal bulan dzulhijjah. Bahkan banyak ulama mengatakan 10 awal bulan Dzulhijjah lebih utama dari 10 akhir bulan Ramadhan. Kenapa? Karena Allah bersumpah dengannya. Demi waktu fajar, dan demi sepuluh malam.

Kebanyakan ulama tafsir mengatakan bahwasanya yang dimaksud sepuluh malam disini yaitu 10 awal bulan Dzulhijjah. Begitu agungnya 10 awal bulan Dzulhijjah ini maka sudah merupakan kesempatan bagi kita dan disini Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk memberikan untuk kita beramal sholeh agar kita bersungguh-sungguh.

Kita berusaha, niatkan dari sekarang untuk saya Insya Allah mudah-mudahan di 10 awal bulan Dzulhijjah, saya bisa bersungguh-sungguh beribadah kepada Allah, meraih pahala yang sangat besar di sisi Allah. Semoga Allah memberikan kepada kita kekuatan untuk bisa menggunakan 10 hari awal bulan dzulhijjah ini.

Tulisan mungkin mengalami sedikit pengeditan.

Posting Komentar untuk "Amalan 10 Awal Bulan Dzulhijjah - Ustadz Badrusalam"