Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun - Ustadz Khalid Basalamah

Terkait dengan saling memberikan salam diantara sesama muslim, bagaimana hukum cara mengucapkan selamat ulang tahun?
Jawaban Ustadz Khalid Basalamah
Tidak ada ulang tahun dalam Islam, yang ada ulang detik. Sekarang saya tanya masih ulang tahun untuk apa? Alasan pertama didoakan karena panjang umur. Baiklah, kenapa kita tidak minta didoakan setiap saat bukan setiap tahun karena kata Nabi Muhammad, “Tidak ada seorang muslim mendoakan saudaranya muslim kecuali diatas kepalanya ada malaikat mengatakan kau akan mendapat sama.” Jadi tidak mengenal waktu, tidak tunggu setahun sekali.

Baik yang kedua apa, dikasih hadiah. Tiap hari kita disuruh kasih hadiah. Tidak usah menunggu setahun sekali, syubhat apa lagi kira-kira? Kata Nabi, saling memberikan hadiah maka kalian akan saling mencintai. Berarti setiap saat, mau kasih kue, mau traktir teman, mau kasih kue atau baju, setiap saat kita disuruh. Dan itu penyebab munculnya cinta karena Allah, bukan setahun sekali.

Yang ketiga, agar kumpul dengan teman-teman. Silahkan kumpul karena tidak ada larangan dalam Islam untuk kumpul dalam hal-hal yang bermanfaat. Yang paling berbahaya adalah ulang tahun ini tasyabbuh (menyerupai orang-orang non muslim). Ini tidak boleh, kata Nabi Muhammad, “siapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk bagian dari kaum itu.”

Untuk apa teman-teman sekalian, balik lagi saya bertanya. Kalau tidak buat acara ulang tahun kenapa? Putus tanganya, rambutnya buta, matanya rontok? Tidak ada apa-apa. Kita punya agama teman-teman, jangan dikatakan ini kolot atau keras. Bukan, coba tangkap secara rasional.

Saya punya metode dalam ceramah untuk menggunakan sesuatu yang rasional. Masuk akal dan bisa orang tangkap, tinggal diamalkan kok. Agama sederhana sekali, ambil ilmunya, amalkan, mati masuk surga. Makanya kata Nabi Muhamamad, seseorang dari kalian lebih dekat dari surga daripada tali sandalnya sendiri.

Teman-teman tinggal istiqomah disini, tutup aurat, adzan ke masjid, lakukan perintah Allah, tinggalkan larangannya, mati demi Allah masuk surga. Sama juga kata Nabi Muhamamd, seseorang dari kalian lebih dekat dari neraka daripada tali sandalnya. Ada yang ke diskotik, ke bar, mabuk-mabukkan, keluar mati masuk neraka.

Apa kita mau tunggu malaikat maut datang baru sadar? Berapa banyak disini laki-laki yang merasa dirinya gagah? Berapa banyak wanita yang merasa dirinya cantik? Mati kok. Orang yang ahli bela diri, sehebat apapun dia, katanya tidak ada yang bisa mengalahkan tapi mati. Bisa melawan malaikat maut? Pada saat mati, orang lain hanya bisa kenang.

Tulisan mungkin mengalami sedikit pengeditan.

1 komentar untuk "Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun - Ustadz Khalid Basalamah"