Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Kerja Di Bank - Ustadz Khalid Basalamah

Pak Ustadz, hukum kerja di bank apa?
Jawaban Ustadz Khalid Basalamah
Kalau kerjanya di bank konvensional tentu riba karena haram. Kira-kira anda mau saya jawab apa? Boleh? Tidak boleh karena haram. Kalau orang itu takut kepada Allah dan mudah-mudahan saya masuk di dalamnya, maka tidak mungkin saya bilang “tidak apa-apa.” Tidak boleh karena memang haram.

Jangan cari celah ya, ini kadang-kadang kasihan sama Ustadz karena selalu diserang, dicari, diubah, atau dikemas sedemikian rupa pertanyaan untuk supaya boleh. Ini kalau haram dalam Islam berarti haram. Jangan dicari dari samping atau bawah, halal atau tidak.

Anda lakukan konsekuensinya ada hukum. Banyak pintu halal kenapa harus cari yang haram. Jadi caranya apa, jangan kerja di bank konvensional. Lalu bagaimana ustadz kalau keluar saya tidak akan punya gaji? Subhanallah, yang memberi makan anda dari bayi memang pimpinan bank anda sekarang? Tentu Allah.

Kok sekarang baru kerja dua atau tiga tahun saja sudah ketakutan. Lalu anda hidup 27 tahun sebelumnya itu siapa yang kasih makan dan minum? Tidak boleh begitu harus yakin dengan Allah Azza wa Jalla. Allah mengatakan dalam surat Ad-Dzariyat, Saya tidak ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.

Kata ulama apa, patuh, yakin, tunduk, minta maaf kalau salah, yakin Allah yang memberikan rizqi, yang mengatur hidupnya dan matinya. Dan Allah juga mengatakan kalau Dia tidak minta balasan dari apa yang telah diberikan seperti makan dan minum. Allah juga tidak menginginkan kita untuk memberikan sesajen.

Sesungguhnya Allah adalah Pemberi rizqi. Razzaq itu artinya pemberi rizqi kalau habis dikasih lagi. Buah sudah berbuah kemudian panen lagi di musim berikutnya, itu namanya Razzaq, pemberi rizqi yang non stop. Air sudah dipakai, diserap oleh matahari, disaring di awan kemudian diturunkan lagi karena hujan.

Begitu terus, udara, oksigen, segalanya sudah dipersiapkan oleh Allah. Allah memberikan rizqi semut yang ada di lubangnya. Bagaimana mungkin kita manusia yang merupakan khalifah di muka bumi takut dengan masalah rizqi? Tinggalkan yang haram saudaraku. Kata Nabi Muhammad, siapa yang meninggalkan sesuatu ikhlas karena Allah maka Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.

Tulisan mungkin mengalami sedikit pengeditan.

Posting Komentar untuk "Hukum Kerja Di Bank - Ustadz Khalid Basalamah"