Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kurban Sapi Untuk Berapa Orang - Ustadz Khalid Basalamah

Bolehkah berkurban sapi tapi patungan misalkan satu orang membeli satu sapi?
Ustadz Khalid Basalamah tentang kurban sapi untuk berapa orang
Boleh maksimal tujuh orang. Tapi kalau mampu satu orang satu sapi ya beli sendiri, lebih baik. Jangan dipaksakan, ada orang cuma tiga orang yang bayar sapi. Baru tiga orang siapa yang mau ikut lagi biar empat.  Tidak usah disuruh, ikut tiga orang saja sudah cukup.

Makin sedikit orang yang ikut ya makin besar pahalanya. Itu kan jumlah maksimal boleh partisipasi dengan tujuh orang. Tapi tidak perlu dipaksakan.

Apakah jika mampu namun tidak berkurban berdosa?
Tentu berdosa karena ini wajib. Sholatlah idhul adha itu dan sembelihlah (Al-Kautsar). Disini pakai fi’il amar ya. Fi’il amar itu berarti perintah. Kata ulama bagi yang mampu, ini jumhur saya bicara mayoritas ulama. Jumhur ulama mengatakan yang mampu tidak kurban dosa, tidak boleh.

Jadi memang termasuk orang yang mampu adalah dia sudah punya duit pada saat itu bisa berurban tapi dia tidak mau walaupun uangnya pas-pasan. Karena ini ibadah kepada Allah.

Bagaimana jika belum mampu namun ingin mendapat pahala berkurban?
Niatkan yang pertama, yang kedua partisipasi dan ikut disitu. Mungkin dekat rumah kita ada masjid yang ikut kurban. Coba ikut belajar menyembelih. Menyembelih itu ada pahalanya sendiri. Laki-laki ini saya sarankan jangan tidak bisa menyembelih.

Datang ke masjid coba ikut belajar, tanya orangnya bagaimana caranya. Saya tahun lalu habis khutbah di Kalibata city mungkin ada 23 ekor sapi dan kalau tidak salah 40 ekor kambing. Itu habis sholat ied saya langsung datang dan saya pratikkin. Saya sembelihkan sapinya, saya sembelihkan kambingnya depan mereka.

Saya panggil jamaah laki-lakinya ayo pak langsung. Ada yang takut ustadz katanya. Tidak, laki-laki kok takut. Tidak jangan geli kenapa kok geli. Lihat darah geli, unik juga. Jadi dipotong baca bismillah dan diniatkan. Alhamdulillah begitu dia coba habis potong satu malah ada bapak yang semangat.

Dia tawarin, yang lainnya tidak mau sembelih. “Tidak mau pak biar saya saya pak”. Tadi sudah berhasil menyembelih satu, mau menyembelih terus dia. Kita bisa dapat pahala menyembelih. Kalau tidak bisa juga karena takut, pegang kambingnya. Partisipasi saja Insya Allah bisa. Tapi yang pertama tentunya niat.

Tulisan mungkin mengalami sedikit pengeditan.

Posting Komentar untuk "Kurban Sapi Untuk Berapa Orang - Ustadz Khalid Basalamah"