Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sholat Taubat Setiap Hari - Ustadz Firanda Andirja

Penjelasan Ustadz Firanda Andirja
Sholat taubat bukanlah merupakan sholat rutinitas setiap hari, tapi dilakukan tatkala seseorang terjerumus ke dalam dosa. Dalam hadits dijelaskan apabila seseorang terjerumus ke dalam dosa kemudian dia sholat dua raka’at, lalu dia beristighfar kepada Allah maka Allah akan mengampuni dosanya.
Ini adalah sholat yang banyak ditinggalkan oleh kaum muslimin. Dosa tersebut umum baik dosa besar atau dosa kecil. Kalau seseorang merasa gelisah karena dosa tersebut maka dia pun sholat. Dan barangsiapa yang mempraktekkan sholat ini, artinya dia berdosa lalu mengerjakan sholat dua rakaat, maka dia akan semakin sedikit melakukan dosa.

Tetapi kebanyakan kita atau kebanyakan orang sering tidak peduli dengan dosa-dosa kita. Kalau para salaf dahulu, mereka jarang melakukan dosa. Sehingga tatkala mereka melakukan dosa Allah tegur langsung dan nampak dampak dosa tersebut dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Bahkan sebagian salaf mengatakan saya mengetahui akibat dosa saya dari keluarga dan kendaraan saya. Nampak kalau dosa-dosa tersebut menyebabkan hari ini istrinya membangkang atau apa, sebabnya bukan karena istrinya tapi karena dia telah berdosa.

Allah menampakkan dosanya melalui istrinya. Bahkan ada yang mengatakan saya lupa hafalan suatu surat atau ayat gara-gara dosa yang pernah dia lakukan pada waktu sekian dan sekian. Kita saja lupa dosa apa saja yang kita lakukan sehingga terkena musibah terus lalu kita mengatakan ini cobaan dari Allah.

Padahal sebenarnya karena dosa-dosa kita. Memang sebenarnya cobaan tapi artinya seakan-akan hanya sekedar meningkatkan keimanan padahal musibah itu ada dua faedahnya. Bisa untuk menggugurkan dosa-dosa atau untuk meningkatkan keimanan. Mungkin sebenarnya karena dosa-dosa yang kita lakukan dan sering kita lupakan.

Oleh karena itu praktekkan sunnah ini. Barangsiapa yang terjerumus ke dalam dosa, dosa apa saja, mungkin dia memandang sesuatu yang diharamkan oleh Allah maka segera dia sholat dua rakaat, berdoa kepada Allah, beristighfar, maka dengan itu dia akan semakin mudah menjaga pandanganya agar tidak mudah terjerumus ke dalam dosa-dosa.

Adapun yang dipraktekkan sebagian orang yang saya lihat, sebelum tidur sholat taubat maka ini tidak disunnahkan karena sholat taubat bukan rutinitas atau sholat harian, namun sholat yang dikerjakan apabila ada sebabnya. Bukan dikerjakan tatkala menunggu tidur, tapi kapan dia berdosa silahkan dia sholat taubat.

Tulisan mungkin mengalami sedikit pengeditan.

Posting Komentar untuk "Sholat Taubat Setiap Hari - Ustadz Firanda Andirja"