Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Menggunakan Parfum Beralkohol - Ustadz Badrussalam

Minyak wangi yang kita harus pakai seperti apa karena minyak wangi yang ada di sekitar kita minyak wanginya pakai alkohol. Setiap kita harus bagaimana atau minyak wangi seperti apa yang harus kita pakai?
Ustadz Khalid Basalamah tentang hukum menggunakan parfum beralkohol
Boleh saja walaupun minyak wangi beralkohol karena alkohol sudah pernah saya jelaskan najisnya secara makna. Dia najis di zatnya tidak menajiskan. Di ambil dari riwayat shahih menjelaskan tentang pengharaman khamr Al-Maidah kalau tidak salah ayat 90 menjelaskan masalah itu.

Yang jelas Allah pada saat menurunkan pengharaman khamr, para sahabat memecahkan kendi-kendi khamr mereka dan membasahi tubuh-tubuh mereka, baju-baju mereka dan seluruh jalan Madinah penuh dengan khamr karena pengharaman turun. Dan mereka saling mengingatkan Allah telah mengharamkan khamr kemudian adzan lalu kemudian mereka sholat tanpa membersihkan baju mereka.

Maka ulama mengatakan kalau penggunaan alkohol sifatnya eksternal tubuh misal untuk membersihkan luka, pakai semprotan minyak wangi, seperti itu tidak masalah. Apalagi begitu terkena udara dia menguap sendiri kan, maka itu tidak ada masalah. Tapi yang masalah kalau diminum karena itu memabukkan, maka berbeda hukumnya.

Kalau anda misalnya masih ragu dan mau pakai minyak wangi yang tanpa alkohol tidak masalah, banyak dijual yang tanpa alkohol. Yang penting jangan tinggalkan minyak wangi. Dan kata Nabi sebaik-baik minyak wangi bagi laki-laki yang lembut warnanya, keras baunya. Memang nyengat tapi untuk laki-laki itu dianjurkan.

Bagaimana hukum menggunakan kosmetik yang dibuat dari barang tidak halal seperti alkohol dikarenakan sekarang banyak kosmetik luar yang berhalal label MUI?

Jawaban Ustadz Firanda Andirja
Kalau alkohol maka dia tidak najis, tidak jadi masalah. Yang dilarang kalau jadi bir kemudian kita minum. Tapi kalau alkohol untuk pemakaian luar tidak masalah. Kalau itu dijadikan bahan untuk kosmetik tidak masalah. Yang kita khawatir kalau kosmetik tersebut dari minyak babi misalnya.

Tapi kalau dari alkohol tidak ada masalah. Dan alkohol sangat bermanfaat untuk pengobatan dan lainnya. Tapi kalau ternyata dari minyak babi dan hal-hal yang najis maka tentunya tidak diperbolehkan.

Tulisan mungkin mengalami sedikit pengeditan.

Posting Komentar untuk "Hukum Menggunakan Parfum Beralkohol - Ustadz Badrussalam"