Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Menari Dalam Islam - Dr. Zakir Naik

Hai namaku Emily, aku adalah seorang penari profesional. Aku ingin tahu tentang musik dan berdansa dalam Qur’an dan Islam. Apakah ini halal, haram, atau apakah ini bisa dijadikan baik? Bagaimana hukumnya?
Dr. Zakir Naik tentang hukum menari dalam Islam
Saudari ini bertanya bahwa dia adalah penari profesional. Apakah pandangan Islam, Qur’an, dan hadits tentang berdansa, tentang musik apakah ini halal atau haram. Saudari, berkenaan dengan profesimu. Profesi apapun bagi wanita yang memamerkan tubuh dan digunakan untuk menarik pandangan orang-orang, ini haram bagi wanita.

Tidak boleh bagi wanita melakukan hal-hal yang menarik perhatian laki-laki. Ketika wanita berdansa di panggung, tentu saja dia memamerkan tubuhnya. Apa yang kami percaya, kami menghormati wanita-wanita kami. Kami tidak mau wanita menjadi objek dari atraksi. Hal ini bertentangan dengan hijab yang disebutkan dalam Quran surat An-Nur ayat 31 dan surat Al-Ahzab ayat 59.

Jadi bagi profesi wanita dimana dia menarik perhatian lawan jenis atau dia berdansa dan memamerkan tubuhnya. entah itu menjadi model atau akting. Entah itu berdansa, ini bertentangan dengan Islam karena apa yang kami percayai. Baiklah, jika dia melakukan itu di depan suaminya saja, tidak ada masalah.

Jika dia melakukannya untuk menyenangkan suaminya saja, tidak masalah. Tapi tidak diperbolehkan bagi wanita melakukannya untuk pria asing karena kami menghormati wanita kami dan kami menjaganya. Itulah kenapa profesi apapun yang memamerkan tubuh atau menarik perhatian lawan jenis seperti berdansa. Seperti misalnya jadi model, dan sebagainya, ini dilarang saudari. Semoga itu menjawab pertanyaannya.

Penanya: bisakah ini digunakan untuk edukasi berkenaan dengan anak-anak?

Ya saudari, jika ini untuk anak-anak untuk tujuan edukasi misalnya kau melakukan aerobik. Melakukan aerobik, jika kau melakukan gymnastik untuk anak-anak atau wanita dengan wanita maka tidak masalah. Tapi lagi-lagi berdansa sendiri tidak islami tidak islamik karena ini melibatkan banyak hal yang salah, misalnya musik.

Musik menjauhkanmu dari Allah. Jadi ada hadits dimana Rasulullah hanya membolehkan rebana yaitu drum dengan sisi terbuka di satu sisinya. Jadi hal-hal ini menjauhkanmu dari Allah. Aku tahu ada terapi musik, profesiku sebenarnya dokter medis. Ada terapi musik dan sebagainya tapi semua ini kurasa yang lebih baik dari musik adalah Al-Quran, Alhamdulillah.

Dan dalam Quran ada obat penyembut. Jadi ketika kau punya terapi yang lebih kenapa beralih ke hal yang salah? Jadi itulah kenapa dari terapi ini, apa yang kau ajarkan bahkan bagi anak-anak, jika ini murni edukasi dan tidak bertentangan dengan Qur’an dan Sunnah, tidak ada masalah saudari, semoga itu menjawab pertanyaanmu.

Tulisan mungkin mengalami sedikit pengeditan.

Posting Komentar untuk "Hukum Menari Dalam Islam - Dr. Zakir Naik"