Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Salafi - Ustadz Khalid Basalamah

Salafi itu suatu aliran atau apa?
Jawaban Ustadz Khalid Basalamah
Bukan aliran, sudah saya jelaskan. Salafi itu diistilahkan bagi teman-teman yang menyebarkan sunnah karena seringkali mengatakan kembalilah ke pemahaman salaf. Salaf itu maksudnya sahabat, tabi’in yang orang mendahului kita dulu. Karena banyak orang hampir semua kelompok Islam ini mengaku berpegang pada Al-Qur’an dan sunnah termasuk orang-orang liberal, yang mengatakan boleh nikah lintas agama, semua orang bisa masuk surga.

Itu beristidlal dari Al-Quran mengambil dalil-dalil Al-Qur’an dipotong-potong ayatnya. Kenapa? Karena ayat Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad tidak dipahami seperti pemahaman sahabat. Ayat Al-Quran turun dan hadits Nabi disebutkan di hadapan sabahat, mereka menyaksikan itu.

Dan seringkali terjadi di kasus mereka. Kasus rumah tangga mereka, kasus peperangan mereka dengan orang-orang kafir, haji dan umrah mereka. Ini semua turun diantara sahabat. Untuk memahami agama ini dengan benar, kita harus mengikuti pemahaman para sahabat.

Maka itu diistilahkan dengan kaum salaf, yang telah mendahului kita. Sering kalau ada ucapan, kaum salaf dikatakan “ini kelompok salafi.”. Dan orang-orang yang sebenarnya mengatakan kelompok salafi, kelompok wahabi, atau apa saja namanya. Itu hanya orang-orang yang membenci sunnah Nabi Muhammad sebenarnya.

Kalau dia hadir di pengajian sekali saja, dia akan dengar Qolallah Qolarasul, Allah berfirman Rasulullah bersabda, penanggapan seperti sahabat. Tidak ada ini pendapat saya ya, ini pendapat kyai saya ya. Saya tantang anda, pernahkan saya mengatakan ini pendapat kyai saya.

Pernahkah saya mengatakan ini pendapat saya. Dalam hukum syari’i ya. Tapi kalau saya ditanya pribadi tadi kenapa tidak ikut politik, saya mengatakan ya itu pilihan saya pribadi. Itu secara pribadi, pilihan, opsi tapi tidak saya bahasakan dalam hukum syari’i.

Penanya: Apakah ustadz termasuk seseorang yang termasuk aliran salafi tersebut?

Ya Allahu a’lam.  Saya tidak tahu kalau orang bilang ustadz Khalid salafi ya biarkan saja mereka bicara salafi. Orang bilang saya wahabi silahkan,mau bilang apa saja silahkan. Yang penting kalau anda dengar ceramah saya di youtube, di web, di ceramah ini kalau anda hadir, selalu yang saya sampaikan Qolallah Qolarasul, Allah berfirman di ayat ini, surah ini, Rasulullah bersabda, inilah yang saya ikuti.

Setahu saya ini pemahaman agama Islam. Saya tidak pernah tahu ini ada aliran apa disini. Dan saya tidak pernah membawa nama aliran, tidak pernah membawa seorang tokoh, tidak pernah. Yang saya tahu adalah Allah berfirman, Rasulullah bersabda, ini pemahaman para sahabat, ini yang saya tahu.

Tulisan mungkin mengalami sedikit pengeditan.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Salafi - Ustadz Khalid Basalamah"